Rabu, 12 Maret 2014

BPR Percaya Diri Bersaing dengan bank Umum

TRIBUNMANADO.CO.ID, MAKASSAR - Sektor mikro kini bukan hanya menjadi fokus bisnis dari BPR maupun perbankan syariah. Bank umum hingga multifinance pun ramai-ramai menggarap sektor ini. Tidak tannggung-tanggung penambahan modal dilakukan demi memperkuat bisnis ke depan.
Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Hasamitra, satu diantara beberapa BPR yang masih eksis saat ini mengaku tetap percaya diri dan optimistis mampu bersaing dengan perbankan umum dalam menggarap bisnis disektor kredit mikro.
Kendati demikian, Komisaris Utama BPR Hasamitra, Yonggris tak menampik jika masuknya perbankan umum menggarap sektor tersebut membuat persaingan semakin ketat.
Yonggris yang juga Wakil Ketua Walubi Sulsel, menjelaskan beberapa kelebihan BPR ketimbang Bank Umum diantaranya keputusan kredit bisa diputuskan secara internal sehingga lebih cepat. Bahkan nasabah hanya menunggu 1 menit proses pencairan bisa selesai.
Selain itu BPR memiliki pendekatan yang lebih baik kepada nasabah, mengenal medan dan mampu memberikan informasi bukan hanya melalui sektor formal namun juga informal.
"Kami bahkan masuk ke pasar-pasar tradisional hingga membangun kantor di pusat-pusat ekonomi warga," katanya kemarin.
Namun di satu sisi BPR masih terkendala dengan modal dan jangkauan bisnis sehingga hal tersebut yang kadang menghambat. Yonggris mengatakan kekuatan perekonomian khususnya di daerah banyak disumbang oleh geliat pengusaha kecil seperti UKM.
Jadi Bank sangat paham kondisi tersebut sehingga jika ingin menjalankan bisnis kategori aman, masuk lah sektor mikro.
"Dengan bank menangani mikro bisa meminimalisir risiko ketimbang di sektor korporasi," jelasnya.
BPR Hasamitra juga mengembangkan pola bisnis chanelling dengan beberapa perbankan dalam bentuk pemberian dana dari bank-bank umum seperti BNI, BRI, Danamon dan lainnya.
Kredit tersebut dipakai sebagai penyaluran dana agar masyarakat semakin percaya dengan kekuatan dana dan tak ragu bertransaksi.
Selain itu pola bisnis yang dikembangkan Hasamitra juga tidak begitu "ngotot" mencari laba namun mengutamakan sosial value (nilai sosial).
Selama delapan tahun berkontribusi di Sulsel, Hasamitra telah memiliki kekuatan aset hingga Rp 900 miliar, dan diproyeksikan tahun ini mampu tembus Rp 1,1 triliun.
Seperti diketahui, bank umum seperti Bank Panin, Danamon, BCA dan lainnya mulai aktif menyasar sektor mikro dengan target bisnis hingga 3 kali lipat tahun ini. *
SUMBER : http://manado.tribunnews.com/2014/02/08/bpr-percaya-diri-bersaing-dengan-bank-umum
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

hubungi administrator untuk komentar.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.